Sabtu, 31 Agustus 2013

Resep Keripik Singkong

Mau bikin keripik singkong yang renyah dan enak, yang pedes atau ga pedes juga sama aja. Resep Keripik Singkong yang kita buat terbukti renyahnya dan pastinya tanpa bahan-bahan yang tidak diperlukan. Resep Keripik Singkong ini bisa Anda coba sendiri di keripik renyah terenak se-Indonesia. Buktiin deh...

keripik singkong pedas
keripik setan

Oke..langsung aja kita coba bikin keripik singkong yang renyah dan enak..ngrekesssss hehehe...
Pertama-tama, cari singkong berkualitas tinggi, jangan terlalu tua dan besar, agar mudah dalam mengirisnya. Singkong diiris menggunakan perajang singkong, ada yang bentuknya seperti roda ada juga yang seperti serutan (sugu).

Selanjutnya, setelah keripik diiris tipis (irisan tidak lebih dari 1 mm), kalo hasil irisan masih tebel alat perajang (pengirisnya) distel dulu ya? sampai dihasilkan irisan yang paaaassss...Keripik yang telah diiris tadi lalu direndam di air hangat kira-kira 1 jam, airnya taburi garam, biar meresap kepori-pori singkongnya.

Belum cukup sampai disitu, sekarang kita siapkan penggorengan. Perhatian!!! Ini Sangat Penting : Untuk menghasilkan keripik yang renyah diperlukan suhu yang stabil, minyak dalam penggorengan harus panas dan dengan panas yg stabil. Biasanya kalo keripik renyah lagi produksi, pake 2 tungku dan 2 penggorengan. Maksudnya agar suhu minyak stabil. Kita biasa sebut dengan minyak panas dan minyak hangat.

Fungsinya? Minyak hangat bukan berarti hangat, tetap suangat panas ko...tapi berhubung singkong tadi direndam dalam air dan memiliki suhu rendah, jika langsung digoreng maka suhu minyak bisa drop (suhunya turun) ini tentunya tidak bagus, hasilnya bisa alot atau malah keras. Nah, maksud dari penggorengan ini agar singkong tadi bisa dinaikan  suhunya untuk kemudian dipanaskan dan dimatangkan di penggorengan panas atau yang ke-2.

Setelah berubah warna menjadi agak keemasan, irisan singkong tadi sudah jadi keripik singkong yang renyah lho. lalu, selanjutnya bagaimana? angkat dan tiriskan. Sebelum dihidangkan dan selagi masih panas, taburi bumbu pilihan Anda sendiri. Ada bumbu pedas atau oriental seperti : bumbu jagung bakar, udang bakar, lada hitam, sapi panggang, rumput laut, dll. Khusus untuk PEDAS, kalo mau enak ada resepnya tersendiri lho. lain kali, saya ulas tuntas bikin bumbu pedas yang nikmat tanpa menghilangkan karakter keripik singkongnya.









Tidak ada komentar:

Posting Komentar